Kepala OPD Dianggap Tidak Mampu Jalankan Tupoksi.PJ Bupati Diminta Agar Evaluasi Pejabat.  Pendiri GJM Sebut Pemkan Muaro Jambi Gagal Dalam Pelayanan Masyarakat.  LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH. Dirut RSUD Ahmad Ripin Bungkam,ini kata ketua LSM sembilan Jambi. Aneh Tapi Nyata!! Di anggarkan dengan Nama judul yang berbeda Namun item nya sama. Ada apa dengan RSUD Ahmad Ripin.

Home / Berita

Kamis, 25 April 2024 - 18:00 WIB

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT Irup Apel Peringatan OTDA 2024,

Mandaunews.com,MUARO JAMBI-Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Muaro Jambi, Kamis pagi (25/4/2024).

Apel tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan kabupaten muaro jambi, kepala OPD, dan unsur forkopimda muaro jambi. Adapun Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 yakni “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Demikian hal tersebut sebagai bentuk mewujudkan nawacita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Budhi Hartono saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia mengatakan, penyelenggaraan Otda yang bersih dan demokratis, bermakna bahwa di momentum Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII tahun 2024,

BACA JUGA  PJ Bupati Bachyuni Deliansyah SH ,.MH Menyerahkan Bantuan Sosial Kepada Tenaga Kebersihan DLH.

seharusnya menjadi tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah, serta tugas untuk membangun daerah secara keberlanjutan dan menjamin kesejahteraan Masyarakat di daerahnya.

“Tema hari otonomi daerah ke XXVIII ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup ditingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,”Ucap Sekda mengawali pembacaan sambutan tertulis mendagri.

Dalam sambutan Mendagri itu, Kata Sekda Budhi Hartono bahwasannya perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat Abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

BACA JUGA  Kafilah MTQ Provinsi Jambi Di Sarolangun Diberikan Bonus Oleh PJ Bupati Muaro Jambi 

Seperti diketahui, Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan Masyarakat setempat, dalam sistem negara kesatuan republik indonesia sebagaimana diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip – prinsip dasar yang teruang dalam pasal 18 UUD 1945.

Berangkat dari prinsip dasar inilah, Otonomi Daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama termasuk diantaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

“Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi Masyarakat secara efektif, efisien, dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan kepada kekhasan daerah yang bersangkutan (endogenous development) serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan (sustainable),”Terangnya

BACA JUGA  PJ Bupati Muaro Jambi Dampingi Ketua TP-PKK Buka Jambore 2024

Sebagaimana pembagian urusan pemerintahan menjadi urusan pemerintahan konkuren atau urusan yang dapat dikelola bersama antara pusat, provinsi dan/atau kabupaten / kota, adalah menuntut pemerintah daerah untuk mampu mengartikulasikan kepentingan masyarakat dan mengimplementasikan kepentingan tersebut ketata kelola pemerintahan yang lebih partisipatif, transparan dan akuntabel serta responsif.

“Dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik ditingkat lokal yang mempercepat terwujudnya Masyarakat madani atau civil society,”Tambahnya

AK

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Buka Musrenbang Tingkat kabupaten Tahun 2024

Berita

Anggota DPRD Agustian Mahir Tampung Aspirasi Masyarakat Desa Lubuk Rama,

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Serahkan Bantuan Sertifikat Untuk Pelaku UMKM Dan Pembudidaya Ikan.

Berita

Masyarakat Tolak keberadaan KSM TPS 3R Di Perumahan Aur Duri Permai Mendalo darat,

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Melantik Pengurus LAM Desa Pinang Tinggi

Berita

Diduga Ada Pekerjaan Fiktif Yang Anggarannya Fantastis Di RSUD Ahmad Ripin Muaro Jambi.

Berita

PJ Bupati Bachyuni Deliansyah,SH., MH.,Hadiri Rapat Sinergi Bangsa Untuk Reforma Agraria Di Danau Bata.

Berita

Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Hadiri Penutupan Acara Festival Tahun 2023,