Kepala OPD Dianggap Tidak Mampu Jalankan Tupoksi.PJ Bupati Diminta Agar Evaluasi Pejabat.  Pendiri GJM Sebut Pemkan Muaro Jambi Gagal Dalam Pelayanan Masyarakat.  LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH. Dirut RSUD Ahmad Ripin Bungkam,ini kata ketua LSM sembilan Jambi. Aneh Tapi Nyata!! Di anggarkan dengan Nama judul yang berbeda Namun item nya sama. Ada apa dengan RSUD Ahmad Ripin.

Home / Berita

Rabu, 5 April 2023 - 17:27 WIB

Himbauan BPBD Kabupaten Muaro Jambi Untuk Masyarakat Terkait Angin Puting Beliung

Mandaunews.com,MUARO JAMBI – Sebanyak 239 rumah warga di dua desa di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi mengalami kerusakan akibat dilanda angin puting beliung. Bencana itu membuat rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga berat.
“Untuk rumah yang alami kerusakan ringan, sedang hingga berat setelah kami data dari tadi siang sampai malam ini total semuanya ada 239 rumah yang alami kerusakan akibat puting beliung ini,” kata Camat Sungai Bahar, Agus Riadi kepada detikSumut, Rabu (05/04/2023).

Bencana angin puting beliung itu terjadi pada Selasa (4/4) malam. Selain adanya kerusakan rumah warga, beberapa pohon besar di daerah itu juga ikut tumbang akibat diterpa angin puting beliung tersebut.

BACA JUGA  Ketua DPRD Muaro Jambi Menghadiri Rapat koordinasi Operasi Ketupat Tahun 2024.

Agus menjelaskan dari 239 rumah yang terdampak, 4 rumah dalam kondisi rusak sangat berat, sementara rumah dalam rusak berat terdapat 14 rumah, sedangkan rusak ringan hingga sedang terdapat 216 rumah.

“Ini kejadian yang sangat parah tahun ini, dan sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti ini dari bencana angin puting beliung itu. Apalagi sampai ratusan rumah yang ikut terdampak,” ujar Agus.

Dijelaskan oleh dia, dari kejadian itu pula ada dua orang warga yang kini harus dilarikan ke rumah sakit lantaran alami luka-luka akibat di hantam dari bangunan rumah yang saat itu alami kerusakan.

BACA JUGA  PJ Bupati Muaro Jambi Buka Musrenbang Tingkat kabupaten Tahun 2024

“Rumah yang alami kerusakan itu terjadinya di Desa Mekar Sari Makmur sama di Desa Marga Mulya. Dan kami berharap ini bisa segera ditangani dengan cara memberikan bantuan pada warga yang rumahnya alami kerusakan berat, bantuan itu bisa dari dana desa yang mana melalui dana tanggap darurat bencananya,” terang Agus.

Sementara dari data BPBD Kabupaten Muaro Jambi, bencana angin puting beliung itu juga terjadi di Kecamatan Bahar Utara, selain terjadi di Kecamatan Sungai Bahar.

BACA JUGA  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Muaro Jambi Faradillah Bachyuni Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Daya Saing.

“Kalau dari data kami angin puting beliung ini juga merusak rumah warga di Kecamatan Bahar Utara ya selain dari Kecamatan Sungai Bahar,” kata Sekretaris BPBD Muaro Jambi, Zuhdi saat dihubungi.

Zuhdi menjelaskan, bahwa bencana puting beliung ini karena kondisi cuaca ekstrem yang terjadi. Dia mengimbau agar warga tetap terus waspada saat adanya kondisi angin kencang.

“Kita imbau warga tetap terus waspada, sejauh ini warga sudah berupaya gotong royong dalam membereskan sisa-sisa kerusakan rumah mereka, tetapi yang rusak ringan hanya sebagian atap mereka saja yang berterbangan,” ujar Zuhdi.

(AK)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Viral Video Geng Motor Bawa Sajam, Dirreskrimum Polda Jambi: Itu Video Lama Pelaku Sudah Diamankan

Berita

PJ Bupati Bachyuni Deliansyah SH,.MH Menerima penghargaan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Berita

PJ Bupati Didampingi Ketua TPKK Muaro Jambi Dalam Giat Senam Bersama.

Berita

PJ Bupati Bachyuni Deliansyah, SH.MH Melantik Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi.

Berita

DPRD Muaro Jambi Gelar Paripurna Rekomendasi LKPJ Bupati Tahun 2023.

Berita

Faradilah Zahara Bachyuni.SH,Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Paud SE-INDONESIA,

Berita

BPK Perwakilan Jambi : Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Ditemui Beberapa Permasalahan Ini Penjelasannya !

Berita

BPBD Kabupaten Muaro jambi Sambut Kunjungan BNPB Dari Pusat.