Kepala OPD Dianggap Tidak Mampu Jalankan Tupoksi.PJ Bupati Diminta Agar Evaluasi Pejabat.  Pendiri GJM Sebut Pemkan Muaro Jambi Gagal Dalam Pelayanan Masyarakat.  LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH. Dirut RSUD Ahmad Ripin Bungkam,ini kata ketua LSM sembilan Jambi. Aneh Tapi Nyata!! Di anggarkan dengan Nama judul yang berbeda Namun item nya sama. Ada apa dengan RSUD Ahmad Ripin.

Home / Berita

Rabu, 31 Mei 2023 - 18:59 WIB

Penjabat Bupati Muaro Jambi Meninjau Pelayanan Rekam Cetak KIA di Sekolah Dasar Negeri SDN 84

Mandaunews.com,MUARO JAMBI-Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, SH., MH., Meninjau Pelayanan Rekam Cetak KIA di Sekolah Dasar Negeri SDN 84 Desa Kasang Lopak Alai, Kunpeh Ulu Muaro Jambi. Rabu (31/05/2023).

Pj. Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah dalam kesempatan itu menyampaikan,

Pelayanan cetak rekam KIA sekarang ini sudah bisa dilaksanakan  secarq Online, dan di masing-masing kantor kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi.

Pelayanan ini bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan ini termasuk pelayanan menjemput bola. Ujar Pj. Bupati Muaro Jambi.
“Dengan pelayanan menjemput bola Rekam  KIA di SDN 84 Kasang Lopak Alai dapat menghemat biaya transport dan waktu yang digunakan untuk datang ke  Kantor Camat. Pada intinya inovasi-inovasi yang telah dilakukan bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anak-anak dalam pengurusan dokumen administrasi Kartu Indentitas Anak KIA ,” ujarnya.

Pelayanan Rekam KIA di SDN 84 ini tidak terlepas dari terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identis Anak. Secara filosofis pemberian KIA pada anak menunjukan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak serta memberikan perlakuan non diskriminatif bahwa anak memiliki identitasnya sendiri sebagai seorang WNI.

Kegunaan Kartu Indentitas Anak atau KIA perlu diketahui para orang tua, hal ini lantaran KIA menjadi identitas resmi bagi anak-anak yang belum dapat KTP. Tak hanya sebagai data penduduk, KIA juga punya banyak manfaat bagi anak, salah satunya bisa digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah, sebagai syarat mengurus perbankan, yaitu ketika anak ingin memiliki tabungan sendiri. KIA juga digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS, serta mengurus klaim asuransi.

“Hal ini dalam kasus jika si anak mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, KIA adalah alat untuk mengidentifikasi dan juga mengurus klaim kesehatan. Selain itu, KIA digunakan dalam pengurusan imigrasi dan juga untuk mencegah perdagangan anak,” kata Pj. Bupati Bachyuni.

(AK)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Komitmen Membangun Masyarakat, LDII Fokuskan Kontribusi Kesehatan Herbal dan Pangan di Provinsi Jambi

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Buka Kegiatan BIMTEK Konvensi Hak Anak Tahun 2024.

Berita

PJ Bupati Bachyuni Deliansyah SH,.MH Hadiri Kegiatan Halal Bihalal Bersama Forum Kepala Sekolah Muaro Jambi.

Berita

Pemkab Muro Jambi Gelar Pisah Sambut Kapolres Muaro Jambi.

Berita

Antara HGU dan Hak Gue Untung terselip CSR

Berita

Pekerjaan Asal-asalan Di Duga Kuat Tidak Sesuai RAB Dan Lemahnya Pengawasan PUPR Muaro Jambi,

Berita

Sekda Budhi Hartono S, Sos,.Hadiri Safari Dakwah Zikir Dan Muhasabah Di Desa Mendalo Laut,

Berita

Sekda Budhi Hartono, S Sos,. MT Hadiri Safari Ramadhan Di Desa Tanjung Lebar