Kepala OPD Dianggap Tidak Mampu Jalankan Tupoksi.PJ Bupati Diminta Agar Evaluasi Pejabat.  Pendiri GJM Sebut Pemkan Muaro Jambi Gagal Dalam Pelayanan Masyarakat.  LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH. Dirut RSUD Ahmad Ripin Bungkam,ini kata ketua LSM sembilan Jambi. Aneh Tapi Nyata!! Di anggarkan dengan Nama judul yang berbeda Namun item nya sama. Ada apa dengan RSUD Ahmad Ripin.

Home / Berita

Minggu, 11 September 2022 - 17:09 WIB

Sekda Muaro Jambi Budi Hartanto Ajak seluruh ASN Tanam Cabai Di Pekarangan Rumah,

mandaunews.com,MUARO JAMBI- Sekda Budi Hartono mengajak seluruh lapisan ASN yang berada di lingkup kabupaten Muaro Jambi mulai dari pejabat Eselon II dan Eslon III sampai jajaranya dan seluruh lapisan masyarakat untuk manfaatkan lahan-lahan kosong yang ada di pekarangan rumah masing-masing, 09/10/22

Kebutuhan Cabai masyarakat Kabupaten Muaro Jambi dalam satu tahunnya 763 ton sedangkan satu bulan 64 ton dan satu minggu 15 ton. Sekda Budi Hartono melalui Dinas Ketahanan Pangan mengajak kepada pejabat dari eselon II dan III, agar dapat menanam Cabai 10 batang untuk eselon II sedangkan 5 batang Cabai untuk eselon III sesuai dengan program ketahanan pangan

“Pemerintah Pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi, mempunyai Program P2L dan ada 10 kelompok tani yang mendapatkan bantuan Rp 60 juta untuk kelompok penumbuhan, sedangkan untuk kelompok pengembangan Rp 35 juta untuk menanam Cabai,” tukas Ardanus.

 

BACA JUGA  Kritikan pedas, Wakil Gubernur Dema Fakultas Syriah dan hukum UIN STS Jaambi terkait Batu Bara, Kepada Pemerinta

Sekda Muaro Jambi Budi Hartono saat di temui di ruangan kerjanya kepada pewarta mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang cukup tinggi bahkan bulan lalu inflasi di Provinsi Jambi tertinggi di Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angga 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memang

Lebih lanjut kata sekda kabupaten Muaro Jambi sendiri menindaklanjuti arahan gubernur Jambi dalam menekan inflasi di kabupaten Muarojambi sudah melakukan langkah-langkah lanjutan dengan sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

“Salah satu upaya kongkrit kita dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam upaya menekan inflasi adalah dengan mlakukan gerakan menanam cabe,” Jelas Sekda.

Dia melanjutkan, karena cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi.dan dengan digalakkan menanam cabe diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

BACA JUGA  "Plt. Kalaksa BPBD Kabupaten Muaro Menghadiri Peringatan Bulan Resiko Bencana (PRB) di Balikpapan - Kaltim"

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanm cabe di tempat masing,kepada seluruh kepala OPD setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag kepada eselon III diwajibkan menanam cabe. ”
Sampainya.

Sekda Juga berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini dan kemudian kepala desa agar dapat diteruskan kepada perangkat-perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi bahkan diharapakn kepada seluruh masyarakat kabupaten Muarojambi agar dapat menggalakkan gerakan menanam cabe ini.

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe kan tinggi Karena dengan adanya gerakan seperti ini diharapakan konsumsi terhadap komoditi ini bisa terpenuhi,dan bisa menekan peningkatan harga cabe itu sendiri, dan kemudian dapat meningkatkan daya beli komiditi lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Itu yang pertama Sampai Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

BACA JUGA  Dugaan Adanya Pengelembungan Anggaran Belanja Bahan Bakar Dan Pelumas Di dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Muaro Jambi,

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti dinas sosial,dinas holtikultura dan ketahanan pangan, dinas koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabe dikabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat,bahkan melalui koperindag akan lakukan operasi pasar,jika eskalasi terus meningkat.” Pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah sungai gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.

(Ameen Kalsel).

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kitab Sabilal Muhtadin Mahakarya Ulama Nusantara,

Berita

Quick Respon Polda Jambi Salurkan Air Bersih ke Warga Seberang

Berita

Pekerjaan Asal-asalan Di Duga Kuat Tidak Sesuai RAB Dan Lemahnya Pengawasan PUPR Muaro Jambi,

Berita

Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bakti Terima LHP BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi.

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Tinjau Proses Pelipatan Kertas Surat Suara 2024.

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Bersama Kejari Launching Jaga Dana Desa (DD)

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Kukuhkan Kepala Desa Manunggal Jaya Menjadi Datuk Penghulu

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Gelar Safari Ramadhan Di Desa Pudak