Kepala OPD Dianggap Tidak Mampu Jalankan Tupoksi.PJ Bupati Diminta Agar Evaluasi Pejabat.  Pendiri GJM Sebut Pemkan Muaro Jambi Gagal Dalam Pelayanan Masyarakat.  LSM SEMBILAN Minta BPK Audit Anggaran Di RSUD Ahmad Ripin, Dan Akan Lapor Secara Resmi Ke APH. Dirut RSUD Ahmad Ripin Bungkam,ini kata ketua LSM sembilan Jambi. Aneh Tapi Nyata!! Di anggarkan dengan Nama judul yang berbeda Namun item nya sama. Ada apa dengan RSUD Ahmad Ripin.

Home / Berita

Kamis, 2 Mei 2024 - 16:56 WIB

Anggota DPRD Usman Halik Mendukung Penuh Kegiatan Senandung Jolo Khas Muaro Jambi.

Mandaunews.com,Muaro Jambi-Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melaksanakan pengelaran senandung Jolo yang melibatkan seribu siswa/i Terbanyak,dalam hal dewan Kabupaten Muaro Jambi apresiasi dan dukung penuh atas kesenian asli milik Kabupaten Muaro Jambi.

 

 

 

 

 

Dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2024/ribuan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bermain musik senandung Jolo dan berhasil meraih rekor dunia dari MURI (Musium Rekor Indonesia),

 

 

 

Senandung jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan dikategorikan sebagai sastra tutur karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

BACA JUGA  Satlantas Polrea Muaro Jambi Berikan Latihan Safety Driving Sopir Ambulans

 

 

 

Munculnya kesenian senandung jolo berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu yang sebagian basar mata pencarian behumo (berladang) dihutan.

 

 

 

Usman Halik anggota DPRD Fralsi PDIP Kabupaten Muaro Jambi mengatakan, bahwa dewan sangat mendukung penuh kegiatan ini dimana senandung julo sudah dipatenkan dari kementerian Pendidikan yang merupakan salah satu Kebudayaan tak benda dan ini harus dilestarikan agar ini tidak punah di makan zaman.

BACA JUGA  PJ Bupati Didampingi Ketua TPKK Muaro Jambi Dalam Giat Senam Bersama.

 

 

 

Senandung jolo telah ada di kelurahan tanjung dan sudah berada diambang kepunahan karena tidak ada yang meneruskannya Hal ini disebabkan tidak adanya minat dan kecintaan anak-anak terhadap kesenian sebab dilain pihak tidak ada inisiatif atau kurangnya perhatian para seniman tradisi untuk menularkan kesenian tersebut.

 

 

 

Untuk diketahui kegiatan senandung jolo yang digelar hari ini bertujuan adalah untuk mengangkat dan mensosialisasikan Musik Senandung Jolo Kepada Masyarakat luas.

BACA JUGA  Faradilla Zahara, SH Ketua (TP PKK) Muaro Jambi Berikan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Mestong.

 

 

 

selain itu Gambang adalah alat musik sejenis perkusi yang terbuat dari beberapa bilah kayu atau kayu mahang,Gambang ini sebagai instrumen pertama untuk mengiringi vokal dari sebuah pantun yang diciptakan serta gong juga instrumen pertama yang berfungsi sebagai pengiring dari vokal sebuah pantun senandung jolo tersebut Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman instrumen ini bertambah dengan menggunakan rebana siam dan gendang bermuka dua.

 

(AK).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Berita

Kebakaran Di Petanang Berhasil Di Atasi Tim Manggala Agni BPBD Kabupaten Muaro jambi

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat (SHM) Di Desa Talang Belido.

Berita

Dalam Rangka memperingati HUT RI,-77 BPBD kabupaten Muaro Jambi dampingi Warga kelurahan sengeti mengadakan lomba perahu.

Berita

Waspada banjir dan tanah longsor BPBD Kabupaten Muaro Jambi siapkan ini.

Berita

PJ Bupati Kukuhkan Kepala Desa Kemingking Luar Dan Kepala Desa Sekumbung

Berita

Sekda Muaro Jambi Hadiri Acara Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Berita

PJ Bupati Bahcyuni Deliansyah SH.MH Hadiri Launching Inovasi Dukcapil.